5 Rekomendasi Novel Sedih, Wajib Kamu Baca!



Membaca novel adalah aktivitas yang cukup menyenangkan. Selain dapat menamabah wawasan  baru, kita juga akan dihibur oleh alur cerita yang telah disusun secara apik oleh penulisnya. Bahkan tak jarang pembaca akan dibuat ikut galau berhari-hari, marah, kesal, hingga terisak-isak dan berurai air mata.  Berikut 5 rekoemndasi novel sedih yang wajib kamu baca. Lantas apasajakh itu? Yuk simak ulasan dibawah ini!

 1. Cantik Itu Luka

 Cantik Itu Luka merupakan npvel best seller karya dari Eka Kurniawan. Buku ini mengambil latar sejarah Indonesia dari penjajahan Belanda hingga masa G30S. Mengisahkan Dewi Ayu, wanita keturunan Indo-Belanda yang kecantikannya malah memberikan kehidupan yang kelam pada dirinya. Kecantikan dan ras yang menyelimutinya, membuat ia terpaksa harus memuaskan para tentara Jepang.

Novel ini juga memadukan kisah roman,  hantu, kekejaman politik, mitologi, hingga petualangan yang begitu epik. Kisah yang lenyap ditelan kabut dan seorang ibu yang menginginkan bayi buruk rupa. Hal ini karena ia merasa suatu saat kecantikan anak-anaknya itu berakibat buruk juga bagi mereka sendiri.

2.  Funiculi Funicula

Buku ini berisi empat bagian cerita pendek dari kisah pengunjung kafe kecil tua di gang kota Tokyo yang ingin melakukan time travel. Dari seorang wanita muda, seorang perawat, seorang kakak, hingga seorang ibu yang ingin memperbaiki semua kesalahan dan penyesalan yang terjadi di masa lalunya.

Kafe ini mempunayi satu tempat yang mampu membawa mereka ke masa lalu. Tapi sang pelayan yang bernama Kazu selalu mengingatkan bahwa saat menjelajahi waktu, tidak ada yang bisa benar-benar berubah jika garis takdir sudah berjalan dengan sendirinya.

3. Di Tanah Lada

Novel ini berceirta tentang Salva, anak kecil yang biasa dipanggil Ava, namun papanya memanggil dengan sebutan Saliva atau ludah, karena ia dianggap sebagai anak yang tidak berguna. Novel ini mengungkapkan bagaimana KDRT menjadi luka terdalam yang awet dalam benak tokoh anak-anak.

Pada suatu hari, Ava dan keluarganya pindah ke sebuah Rusun Nero setelah Kakek Kia meninggal. Kakek Kia pernah memberikan Ava sebuah kamus sehingga membuatnya pintar berbahasa Indonesia. Sayangnya orang dewasa merasa hal tersebut biasa saja dan lebih penting pintar bahasa Inggris.

Tak disangka, kepindahan Ava ke Rusun Nero membuatnya bertemu dengan laki-laki bernama P yang mempunyai nasib sama dengan dirinya. Bagi mereka berdua rumah adalah tempat yang menyeramkan. Mereka pun berpetualang hingga sampai pada akhir yang mengejutkan.

4. Laut Bercerita

Novel yang cukup bersejarah ini mengangkat peristiwa peristiwa yang terjadi di masa-masa reformasi sekitar tahun 1998. Laut Bercerita dibagi menjadi dua bagian melalui sudut pandang Biru Laut dan sudut pandang adiknya yang bernama Asmara. Meski fiksi, novel ini didasarkan pada kisah dan obrolan nyata para aktivis pra-reformasi.

Biru Laut merupakan seorang aktivis yang berani menyuarakan isu sosial antara tahun 1991 sampai 1998. Kelompoknya dianggap berbahaya dan mereka pun ditangkap serta dihukum secara fisik dan mental.

Lalu, kisah pedih sebuah keluarga yang mengalami kehilangan juga dikupas dalam novel ini lewat cerita Asmara. Ia bersama keluarga bingung dalam mencari keberadaan Biru Laut. Bertahun-tahun mereka mencari kejelasan dimana Biru Laut berada.

5. Autumn in paris

Illana Tan dengan kisah tetralogi musimnya memang selalu sukses membolak-balikan perasaan pembaca. Buku ini diawali kisah yang manis namun berakhir dengan kejutan yang super duper pedih dan mengiris hati.

Seri ini umumnya memiliki kisah yang romantis dan sangat manis, sama halnya dalam buku ini yang menceritakan Tara Dupont. Ia sangat menyukai Paris dan musim gugur. Ia juga merasa dirinya sudah memiliki segalanya dalam hidup ini, sampai ia bertemu Tatsuya Fujisawa yang karakternya sangat susah ditebak.


Dermikianlah beberapa rekomendasi Novel Sedih, dijamin bikin terbawa suasana. Semoga bermanfaat dan selamat membaca yah!

Comments